Rabu, 01 Oktober 2014

Tugas Teori Organisasi Umum 1

TEORI ORGANISASI
UMUM 1

 


Nama: 1. Adistia Bianca Rizki
            2. Dwita Angraini
            3. Justin Nathanael Jacobs
            4. Pieter Gusti Pratama
            5. Setiawati Wina Pratiwi
            6. Syarif Nur Ikhsanuddin
            7. Tiara Anjas Hartiningsih M
            8. Wily Orlando

Kelas: 2KA23 (Kelompok 2)



Organisasi dan Metodenya



1. Organisasi

Organisasi merupakan perkumpulan dari beberapa individu yang memliki tujuan yang sama dan memiliki kestrukturan dalam operasional kerjanya. Dalam pengertian lain organisasi juga memiliki dua arti yaitu Organisasi dalam arti statis, dan Organisasi dalam arti dinamis. Dimana organisasi dalam arti statis ialah organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan. Dan organisasi dalam arti dinamis yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.  Selain itu beberapa ahli juga memiliki pendapat mengenai organisasi. Diantaranya:
•James d. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

•Stooner
Organisassi adalah pola hubungan melalui orang-orang dibawah pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.

•Stephen P. Robins
Organisasi adalah entity sosial yang dikordinasikan secara sadar denga sebuah batasan yang relatif dapat di identifikasikan, yang bekerja atas dasar yang relatif untuk mencapai suatu tujuan bersama.

2. Metode

Menurut bahasa Yunani, metode atau methodos ialah suatu cara atau jalan yang ditempuh. Dalam teori organisasi, metode sangat diperlukan untuk menjadikan suatu tata kerja sehingga dapat mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Dalam hal ini metode bukan hanya penting untuk mencapai tujuan. Metode sendiri memiliki beberapa sub yaitu:

•Metode Ilmiah langkah-langkah yang ditempuh untuk memperoleh hasil ilmiah.
•Metode Ilmu Komputer, suatu bagian kode yang digunakan untuk melakukan suatu tugas.
•Metode musik, semacam buku teks untuk membantu murid belajar memainkan alat musik.
•Metode Mengajar merupakan cara yang dilakukan oleh seorang pendidik atau seorang guru kepada naradidik pada saat mengajar.
Menurut sub metode tersebut dalam teori organisasi metode yang dipakai berdasarkan dalam bidang apa organiasi tersebut bergerak, namun biasanya metode yang banyak digunakan adalah metode ilmiah, karena dalam metode ilmiah ini tata cara yang digunakan berdasarkan ilmu pengetahuan dan hampir semua bidang memerlukan ilmu pengetahuan.

3. Kaitan Organisasi dan Metode

Berdasarkan teori mengenai organisasi dan metode diatas, dapat disimpulkan bahwa Organisasi dan Metode ialah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah di tetapkan.

4. Management dan Organisasi

Manajemen adalah proses kegiatan pencapain tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timmbal balik antara kegiatan dan kerja sama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain. Untuk dapat mencapain tujuan tersebut maka perlu di bentuk suatu organisasi yang pada pokonya secara fungsional dapat di artikan sebagai sekelompok manusia yang di persatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi , dalam rangka manejemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antar manajemen dan organisasi.

5. Kesimpulan

Berdasarkan beberapa penjelasan diatas mengenai organisasi dan metodenya serta manajemen organisasi didapat beberapa poin penting yaitu:
1.Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang optimal.
2.Organisasi dan metode yang baik penting bagi kegiatan manajemen karena melalui metode yang baik lah akan didapat efesiensi waktu dan tenaga untuk kemudian menghasilkan suatu tatanan kerja yang optimal.
3.Dalam membangun suatu organisasi manajemen yang baik sangat diperlukan agar tercapainya tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.

6. Lampiran

Saat pengerjaan tugas kelompok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar