Jumat, 22 Mei 2015

Tugas Softskill : Kesimpulan Kelompok 5

Kesimpulan Kelompok 5

BUDAYA, KREATIVITAS DAN PROSES INOVASI









Disusun Oleh Kelompok 4 :
-Abdul Hafizh
-Bintang Satrio P
-Dehan Athallah
-Dwita Angraini
-Syarif Nur Ikhsanuddin



Pengertian Dan Fungsi Budaya Organisasi
1.      Pengertian Budaya Organisasi.
Menurut para ahli :
A.      Wood, Wallace, Zeffane, Schemerhom, Hunt, Osborn, budaya organisasi adalah sistem yang dipercayai dan nilai yang dikembangkan oleh organisasi dimana hal itu menuntun perilaku anggota organisasi itu sendiri.

B.      Robbins, budaya organisasi adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh organsasi itu.

C.      Schein, budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima oleh organisasi untuk bertindak dan memecahkan masalah dan membentuk karyawan yang dapat beradaptasi dan mempersatukan anggota organisasi.

D.     Cushway dan Lodge, budaya organisasi merupakan sistem nilai organisasi dan akan mempengaruhi cara pekerjaan dilakukan dan cara para karyawan berperilaku.

Jadi secara umum Budaya Organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota dari organisasi lainnya, Yang dimaksud system makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.

2.      Fungsi Budaya Organisasi.
      Berikut ini fungsi budaya organisasi menurut Robbins:
a.      Menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan yang lain.

b.      Identitas bagi anggota organisasi.

c.       Timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan individu.

d.      Perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi dalam memberikan standar yang tepat untuk dilakukan anggotanya.

e.      Mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membantu sikap serta perilaku anggotanya.


Tipologi Budaya Organisasi
Tipologi merupakan suatu pengelompokan bahasa berdasarkan ciri khas tata kata dan kalimat. (Mallinson dan Blake)
1.      Tujuan tipologi budaya organisasi:
-           Untuk menunjukkan aneka budaya organisasi yang mungkin ada di realita.
-          Tipologi budaya organisasi dapat diturunkan dari tipologi organisasi.

Misalnya dengan membagi tipe organisasi dengan membuat tabulasi silang antara jenis kekuasaan dengan jenis keterlibatan individu dalam organisasi. Jenis kekuasaan dan keterlibatan individu dalam organisasi dalam meliputi:
a.      Organisasi Koersif
b.      Organisasi Remuneratif
c.       Organisasi normative

Terdapat beberapa tipologi budaya organisasi. Menurut Kotter dan Hesket, ada 3 jenis budaya organisasi yaitu :
1.      Budaya kuat dan lemah.
2.      Budaya yang memiliki kecocokan strategik.
3.      Budaya adaptif.

Kreatifitas Individu Dan Team Proses Inovasi
Kreatifitas merupakan pikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru. Inovasi adalah melakukan sesuatu yang baruKeduanya jelas saling berhubungan. Inovasi dianalogikan sebagai aplikasi praktis dari kreatifitas. Dengan kata lain, kreatifitas bisa merupakan variabel bebas. Sedangkan inovasi variabel tidak bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar