Selasa, 15 Maret 2016

Tugas Bahasa Indonesia 2 (berita 1)

Kompas 14 Maret 2016
Judul berita : Harga Cabai Masih Melangit

Pada berita ini, mengandung unsur :

1. Paragraf Deduktif

Harga cabai rawit yang di jual di sejumlah kota besar di indonesia masih berkisar Rp 40.000 - Rp 60.000 per kilogram. Kondisi itu terjadi selama dua pekan terkahir. Lonjakan harga bakal berlanjut hingga beberapa waktu ke depan karena minimnya pasokan dari petani.

Alasan : Paragraftersebut merupakan paagraf deduktif karna kalimat utamanya berada pada awal paragraf dan kalimat penjelasnya ada setelah kalimat utama. Pada kalimat diatas, kalimat utamanya adalah Harga cabai rawit yang di jual di sejumlah kota besar di indonesia masih berkisar Rp 40.000 - Rp 60.000 per kilogram. Sedangkan kalimat penjelas nya adalah Kondisi itu terjadi selama dua pekan terkahir. Lonjakan harga bakal berlanjut hingga beberapa waktu ke depan karena minimnya pasokan dari petani, yang menjelaskan sudah berapa lama terjadi dan penyebab harga cabai melangit.

2. Analisis cara menguji data

a. Observasi (data angka)
Di kota dan kabupaten semarang, harga cabai rawit yang dijual pada minggu (13/3) mencapai Rp 60.000 per kg atau naik Rp10.000 dibandingkan dua pekan lalu. Bahkan harga cabai merah mencapai Rp 72.000 per kg.

b. Kesaksian
"Banyak petani yang gagal panen. Hujan terus-menerus membuat banyak cabai membusuk dan buahnya tidak sempat memerah,"ujar saliyah.

c. Autoritas
Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ilham Fauzi menuturkan, naiknya harga cabai disebabkan oleh kurangnya pasokan cabai dari petani akibat curah hujan yang tinggi. Petani pun tidak bisa memnuhi kebutuhan pasar.


3. Hubungan Kausal : akibat - sebab
Naiknya harga cabai disebabkan oleh kurangnya pasokan cabai dari petani akibat curah hujan yang tinggi.
penjelasan : karena pada berita tersebut diawali dengan memaparkan akibat – akibat yang timbul dan kemudian dijelaskan pada bagian akhir apa penyebab akibat – akibat tersebut.


4. Daftar pustaka
Koran kompas, Senin, 14 Maret 2016






Tidak ada komentar:

Posting Komentar